Huraaaaa…!!!

Pada awal kebersamaan kita saya ingin mencoba membuat tulisan yang mudah-mudahan menghibur dan bermanfaat dunia akherat buat agan-agan sekalian ;p.

Setting ulang modem biasanya dilakukan jika modem speedy yang kita gunakan tereset baik disengaja maupun tidak disengaja. penyebab reset modem yang tidak disengaja antara lain:

  1. Mati mati listrik tiba-tiba );o. ketika modem kita dalam keadaan aktif (on). Sebenarnya bukan mati listrik yang jadi penyebab utama dari teresetnya modem, tetapi justru ketika listrik menyala sedangkan modem kita masih dalam keadaan on. Karena listrik yang mengalir ketika baru menyala memiliki tegangan yang besar dan bersifat kurang stabil (relative merusak). Jadi jika tak ingin pusing-pusing setting ulang modem, jika di rumah anda mati listrik pas anda sedang online dengan speedy, matiin dulu modemnya.
  2. kondisi listrik yang tidak stabil, sudah bukan rahasia lagi jika kondisi listrik di rumah kita kurang stabil maka akan merusak peralatan elektronik. Apalagi jika peralatan elektronik kita barang dengan kualitas di bawah rata-rata (biasabya barang buatan cina yang harganya relative lebih murah). Nah, modem yang memiliki sensitifitas lebih tinggi juga ikut terkena dampaknya. Jadi jangan lupa untuk memakai jasa stabilizer untuk setiap pemakaian alat elektronik anda.

nah, tanpa banyak huru-hara lagi saya akan mencoba membedah setting ulang modem yang umum digunakan untuk speedy.

Modem TP-LINK

wahh, kenapa modem TP-LINK yang pertama kali ya???.Yupzzzz karena modem ini yang paling umum saya temukan jika sedang bekerja (kebetulan saya adalah teknisi Speedy dan Jaringan TELKOM). Langkah-langkah yang dilakukan antara lain:

  • Nyalakan modem, tunggu lampu ADSL, LAN dan power yang terdapat di modem menyala (khusus lampu ADSL harus menyala stabil, tanpa kedip).
  • Masukan browser yang biasa anda pakai (misalnya Internet Explorer, Mozilla Firefox, Goofle chrome, Opera, dll)
  • Masukan halaman Gateway ( Gateway untuk modem TP-LINK adalah 192.168.1.1) pada browser tersebut.
  • Selanjutnya modem akan meminta username dan password, secara default username TP-LINK adalah “admin” dan Passwordnya “admin” (tanpa tanda petik)
Username dan Passwor Modem
  • Maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini: Klik Quik Start, lalu Run Wizard
Tampilan Home modem TP-Link
  • Selanjutnya akan tampil gambar di bawah ini: klik Next

  • Selanjutnya akan muncul kota pemilihan Time Zone, pilih “Zone GMT+07.00 Bangkok,Jakarta, Hanoi” lalu next
Time Zone
  • Layar berikutnya adalah pemilihan internet connection Type, pilih “PPPoE/PPPoA” lalu next

  • Setelah itu, masukan username anda yang terdiri dari noSpeedy@telkom.net, password (biasanya no telpon yang digunakan utuk speedy) VPI = 0 dan VCI = 35 (VPI/VCI yang digunakan adalah daerah Jakarta, VPI/VCI tersebut bisa berbeda untuk tiap wilayah/kota). Klik next

  • Layar selanjutnya adalah Quick Start Complete. pilih next kemudian finish.

setelah selesai, maka layar akan langsung menuju tab Status untuk memperlihatkan keberhasilan kita yang cemerlang…jika tidak ada aral yang merintang, tampilan Status akan seperti ini:

nah, disitu bisa agan lihat pada baris PVC2 terisi IP Address, Subnet, Gateway dengan status up. Bagaimana kalau tidak?,coba ulangi langkah diatas dengan baik dan benar. username dan password harus benar.

sekian dulu tulisan dari saya, pada tips selanjutnya saya akan coba menjelaskan sedikit tentang settingan pada modem Prolink…