Status Pada modem

Banyak orang yang bertanya pada saya. “Berapa kecepatan Speedy yang saya miliki?”, “Kenapa speedy saya sering down”, “bagaimana cara mencocokan paket speedy yang saya ambil dengan kecepatan sekarang yang saya miliki?”.

Nah, lewat tulisan ini saya akan sedikit menjawab pertanyaan agan-agan dari sudut pandang Teknisi Jaringan Telkom Speedy.

Setelah setting ulang modem dilakukan, maka layar pada browser agan akan berpindah ke tampilan status. lalu apa artinya?. Mari kita membahas satu-persatu.

Sub tab “LAN”

Ip Address :

Merupakan Ip Address (alamat Ip) yang dimiliki oleh modem, atau dengan kata lain Ip Address ini adalah Default Gateway dari si modem. Ip Modem ini dapat berbeda-beda dari setiap merek modem, tetapi umumnya memiliki alamat yang sama yaitu 192.168.1.1. Kita juga dapat merubah Ip address ini tergantung dari kebutuhan. misalnya Agan ingin menggunakan Router / Switch Hub untuk Men-share internet kita sehinggan alamat modem tidak bentrok ( sama) dengan router (atau sebaliknya).

Subnet Mask :

adalah istilah teknologi informasi dalam bahasa Inggris yang mengacu kepada angka biner 32 bit yang digunakan untuk membedakan network ID dengan host ID, menunjukkan letak suatu host, apakah berada di jaringan lokal atau jaringan luar. RFC 950 mendefinisikan penggunaan sebuah subnet mask yang disebut juga sebagai sebuah address mask sebagai sebuah nilai 32-bityang digunakan untuk membedakan network identifier dari host identifier di dalam sebuah alamat IP. Bit-bit subnet mask yang didefinisikan, adalah sebagai berikut:

  1. Semua bit yang ditujukan agar digunakan oleh network identifier diset ke nilai 1.
  2. Semua bit yang ditujukan agar digunakan oleh host identifier diset ke nilai 0.

Setiap host di dalam sebuah jaringan yang menggunakan TCP/IPmembutuhkan sebuah subnet mask meskipun berada di dalam sebuah jaringan dengan satu segmen saja. Entah itu subnet mask default (yang digunakan ketika memakai network identifier berbasis kelas) ataupun subnet mask yang dikustomisasi (yang digunakan ketika membuat sebuah subnet atau supernet) harus dikonfigurasikan di dalam setiap node TCP/IP.

Sub tab “WAN”

VPI/VCI :

VPI (Virtual Path Identifier) dan VCI (Virtual Circuit Identifier) Merupakan identifikasi unik 16 bit untuk menunjukan suatu Sirkuit Virtual pada sebuah Jaringan. VPI/VCI digunakan untuk mengidentifikasi dari sel sebuah header dalam ATM 16bit melewati serangkaian switch ATM dalam perjalanannya ke tujuan. Nilain VPI/VCI sangat tergantung dari DSLAM yang digunakan pihak TELKOM pada setiap daerah. jadi, nilai tersebut dapa berbeda pada setiap daerah. adapun daftar nilai VPI/VCI di Indonesia adalah sebagai berikut:

A. Jakarta
1. Untuk DSLAM buatan Alcatel-Lucent (France)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 8 • VCI = 35
2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35
3. Untuk DSLAM buatan Siemens AktienGesellschaft (Germany)
Encapsulation = PPPoA • VPI = 1 • VCI = 33

B. Sumatra, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali, Kalimantan, Sulawesi
1. Untuk DSLAM buatan ZTE (ZhongXing Telecommunication Equipment Co Ltd)(China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 8 • VCI = 81
2. Untuk DSLAM buatan Huawei Technologies Co Ltd (China)
Encapsulation = PPPoE • VPI = 0 • VCI = 35

nah sebagai catatan, speedy di jakarta barat menggunakan Huawei Technologies Co Ltd (China)

Ip Address:

Berbeda dengan Ip Address yang terdapat di Sub Tab LAN, Ip Address ini adalah Ip Address (alamat) dari server speedy. Dan perlu diketahui, Ip Address dalam speedy ini berupa dua bentuk yaitu Ip Statik dan Ip Dynamic. Ip Static yaitu Ip yang tidak dapat berubah kecuali ada request dari agan-agan ke petugas terkait untuk mengganti Ip Tersebut. Fungsinya antara lain misalnya untuk penggunaan CCTV. Sedangkan Ip Dinamic adalah Ip yang akan berubah jika modem di Restart. Adapun layanan yang dapat mensuport Ip Statik ini adalah paket layanan dengan kecepatan diatas 1Mbps. sedangkan dibah kecepatan itu menggunakan Ip Dinamik.

Subnet Mask:

sama seperti Subnet Mask pada sub Tab LAN.

Gateway:

yaitu Gateway dari server yang digunakan untuk membentuk Ip address pada server pusat.

Sub Tab ADSL

Yang perlu diperhatikan dari Sub Tab ini yaitu:

SNR Margin :

SNR (Signal Noise to Ratio) merupakan nilai perbandingan (Ratio) antara kekuatan Sinyal dengan Derau (Noise Level). dalam Speedy sinyal ini biasanya menunjukan kualitas jalur (dalam hal ini kabel yang digunakan). Perbandingannya adalah, semakin besar nilai SNR maka akan semakin bagus pula kualitas jaringan (lebih stabil). Bagaimana kalau SNRnya jelek, maka jaringan anda akan sering terganggu atau bahkan tidak konek sama sekali ( hal ini biasanya ditunjukan pada lampu indikator DSL pada modem). Bagus atau jeleknya nilai antara lain memiliki Interval:

>>up to 29,0  dB = Bagus Sekali

>>20,0 – 28,9 dB = Bagus (Koneksi Stabil)

>>11,0 – 19,9 dB = Baik (Koneksi sinkronisasi ADSL masih dapat berlangsung dengan stabil)

>>7,0 – 10,9 dB  = cukup (dapat tersinkronisasi dengan ADSL tapi rentan akan perubahan)

>>0,0 – 6,9 dB = Buruk (Sinkronisasi tidak dapat berlangsung)

Line Attenuation :

Biasanya diartikan sabagai nilai rendaman jalur kabel, nilai ini sangat dipengaruhi oleh panjang kabel tanah yang digunakan oleh TELKOM. semakin panjang akan semakin besar nilai Attenuation maka akan semakin buruk nilai kualitas jaringan. Adapun nilainya adalah sebagai berikut:

>>0,0 – 19,9 dB = Bagus Sekali

>>20,0 – 29,9 = Bagus

>>30,0 – 39,9 = Baik

>>40,0 – 49,9 = Cukup

>>Up to 50 db = Parahhhh…. ( Buruk )

Data Rate :

Data Rate adalah paket kecepatan speedy yang agan pilih, Misalnya agan ambil paket Family yaitu 384Kbps. Nah Data Rate yang akan tampil adalah 384Kbps. Berikut saya tampilkan daftar paket Speedy beserta kecapatannya:

1. Family Kecepatan 384Kbps

2. Load Kecepatan 512Kbps

3. Game Kecepatan 1Mbps atau 1024Kbps

4. Executive Kecepatan 2Mbps

5. Bitz Kecepatan 3Mbps

Nah…pada prinsipnya status pada modem speedy adalah sama, yang berbeda hanyalah tampilan dan tempat keberadaannya. saya menggunakan modem TP-Link hanya karena modem ini sangat umum dijumpai dan sangat umum di pasaran.